Sunday, 16 August 2009

BISNIS ONLINE SEPERTI FACEBOOK ?

 

Pertanyaannya adalah apa sih bisnis online itu? Baru setelah itu bagaimana sih membuat bisnis online? Logika bisnis online itu seperti apa? Bagaimana cara membuat bisnis online? Untuk menjawabnya tentu kita harus paham betul bahwa bisnis online merupakan bagian dari bisnis internet dan internet marketing. Cara mudahnya adalah dengan memahami bahwa internet tak lebih dari sekedar MEDIA. Seperti layaknya sebuah media maka internet atau dunia online adalah PERANTARA dari bisnis apapun yang kita lakukan. Ambilah contoh Facebook. Bagaimana facebook bisa menjadi bisnis online yang sukses dan pemiliknya menjadi orang muda terkaya saat ini? Karena media yang dia miliki mempunyai OPLAH jutaan . apa media online mereka? ya..website facebook itu. Pendapatan mereka dari pemasang iklan. So.. untuk melakukan bisnis online kita harus punya web atau blog. Dan untuk meraih pendapatan maka web atau blog kita harus ramai dikunjungi orang. Potensi pendapatan itu bisa melalui pemasang iklan, pembeli produk yang kita pasang di web atau blog kita, pembeli atau pemakai jasa yang kita pasang di web atau blog kita. Intinya dalah media tersebuta berupa web atau blog adalah jalan singkat atau shortcut untuk memasarkan produk kita lewat internet.

Sekarang mari kita analisa mengapa bisnis online sangat efektif dan efisien. Caranya dengan membandingkan dengan bisnis konvensional. Katakanlah kita mau membuka toko. Secara konvensional kita akan terbebani oleh modal. Sewa tempat bisa puluhan juta, belum lagi membayar pegawai. Bandingkan dengan toko online. Untuk sewa hosting hanya ratusan ribu bahkan ada yang gratis. Pegawai tidak terlalu banyak budget karena sistem jual beli online sangat dibantu oleh engine-engine dan software sehingga bisa berjalan otomatis. Paling kita meluangkan waktu sedikit untuk maintenance.Kalaupun kita tidak punya skill dalam dunia pemrograman, kita cukup bayar satu pegawai yang terpercaya, gak perlu SPG, gak perlu pelayan toko, tukang parkir satpam dsb.Biaya marketing juga bisa ditekan seminimal mungkin. Bayangin aja berapa budget bisnis konvensional dalam marketing. Biaya iklan di koran, biaya iklan di radio, belum lagi biaya brosur dsb. Dalam bisnis online cukup dengan kedisiplinan kita beriklan di dunia online, dan tersebar secara masif dan viral.Selama kita menjaga brand kita maka bisnis online kita akan di cari oleh jutaan orang yang membutuhkan, Secara peluang juga tidak terikat geografis atau area, bisa nasional bahkan mendunia. Segmentasi pasarnya juga sedang tumbuh di indonesia. Dalam setiap detik berapa orang Indonesia yang mulai mengenal internet? mulai mengenal transaksi online? tak terhitung dan tumbuh secara menghebohkan..dahsyat. Bayangkan dan bandingkan dengan pertumbuhan pasar konvensional yang sekian persen itu. Jadi peluang besar, modal kecil usaha lebih efektif. Tapi bisnis online sama saja tetap butuh kerja keras dan kerja cerdas. Kalau boleh saya membandingkan tingkay efektifitasnya, bisnis konvensional seperti mengolah sawah dengan cangkul, bisnis online seperti mengolah sawah dengan traktor, tapi biayanya jauh lebih murah. Termasuk yang mana bisnis anda?

No comments:
Write comments